Selasa, 03 Desember 2019

Pendekatan Kepemimpinan


Pengertian
Kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi orang lain untuk memahami dan setuju dengan apa yang di butuhkan. Dengan kata lain kepemimpinan adalah proses mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara antusias
Syarat dan sifat pemimpin
Pemimpin harus mempunyai sifat ideal antara lain :
      Mental dan fisik yang energik
      Emosi yang stabil
      Pengetahuan yang baik
      Motivasi personal yang baik
      Cakap berkomunikasi
      Cakap untuk mengajar, mendidik, dan mengembangkan bawahan
      Ahli dalam bidang sosial
      Berpengetahuan yang luas dalam hal seknikal dan manajerial
Pendekatan kepemimpinan
Pendekatan teori perilaku melalui gaya kepemimpinan dalam realisasi fungsi-fungsi kepemimpinan, merupakan strategi kepemimpinan yang memiliki 2 orientasi yang terdiri dari orientasi tugas dan orientasi bawahan.
Kesimpulan
Pendekatan kepemimpinan adalah perilaku pemimpin dalam memimpin organisasai yang menggunakan gaya kepemimpinan yang fokusnya tidak pada sifat-sifat tetapi berfokus pada interaksi pada orang-orang disekitarnya yang disebut juga bawahannya akan tetapi tidak mengabaikan perihal tugas dan kerjaan.
Dari apa yang telah diuraikan tentang pendekatan atau teori model-model kepemimpinan, membuat kita semakin jelas bahwa dari berbagai pendekatan- pendekatan muncul berbagai macam gaya yang dihasilkan dari berbagai observasi yang dilakukan. Hal ini membuat kita mudah untuk mengklasifikasikan berbagai tipe kepemimpinan dengan berbagai perilaku pemimpin yang terjadi di lapangan. Teori kepemimpinan memang akan selalu mengalami perkembangan dan perubahan agar sesuai dengan zamannya. Untuk menghadapi itu semua tentu sebagai seorang pemimpin harus mampu menempatkan dirinya sesuai dengan porsinya, terus mengembangkan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendekatan Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi orang lain untuk memahami dan setuju dengan apa yang di butuhkan. Dengan kata l...