Senin, 02 Desember 2019

Cara mudah remastering windows 7

Halo semuanya....Terima kasih udah datang di blog saya. Disini saya akan membagikan cara mudah remasting windows 7 no ribet-ribet club, stay tuned.

Definisi Ramastering Dalam bidang software remastering dapat diartikan sebagai sebuah proses pembungkusan ulang paket aplikasi pada sistem operasi dimana kita bisa menambah bahkan bisa juga mengurangi paket aplikasi yang disertakan. Bisa dikatakan bahwa remastering merupakan proses pembuatan sistem operasi baru dengan paket aplikasi yang berbeda dari sistem aslinya (default). Dengan remastering memungkinkan kita untuk menambah atau mengurangi paket aplikasi di sistem operasi yang ada dengan paket aplikasi yang baru. Istilah lain yang biasanya digunakan adalah operating system deployment atau slipstream istilah ini biasanya dikenal dilingkungan windows, dimana sebuah Sistem windows yang telah ada ditambahkan driver ataupun software tambahan dibundel kembali menggunakan imaging software atau wim image.

Yang perlu disiapkan untuk melakukan remasting yaitu:

  • PC / Laptop (RAM minimal 4GB)
  • Aplikasi RT 7 Lite
  • Aplikasi Oracle VM VirtualBox
  • Winrar
  • File ISO windows 7 Home / Pro / Ultimate

Tahapan Melakukan Remastering

  1. Instal Aplikasi RT Seven Lite. Lalu jalankan.
  2. Pilih button browse untuk mencari file ISO, kemudian saat disediakan pilihan file ISO windows 7 pilih windows 7 homebasic, lalu tunggu sampai import file ISO selesai.
  3. Setelah proses import selesai. Lalu masuk ke menu task dan centang bagian yang ingin dikonfigurasikan.
  4. Langkah selanjutnya masuk ke menu features Removal dan pilih file/ aplikasi yang ingin anda hilangkan. Untuk lebih jelasnya fitur apa saja yang akan dihilangkan bisa dilihat pada poin (2.3 fitur-fitur yang dihilangkan saat remastering). Jangan menghilangkan fiture yang sudah bertanda merah.
  5. Berikutnya masuk ke menu Un-Attended. Pada fiture general centang pada bagian skip product key dan Accept EULA agar pada langkah selanjutnya kita tidak disuruh memasukkan serial key number.
  6. Lalu masuk ke menu customisazation dan remove bagian-bagian yangtidak perlu, selanjutnya klik apply.
  7. Dan kemudian langsung masuk ke menu log dan pilih Build current image only, klik commit. Dan tunggu sampai progress intregation, Component, Tweaks, Un-Attended, Customization, Finished tercentang semua.
  8. Setelah selesai masuk kemenu ISO-Bootable lalu pda bagian select mode pilih create image. Pada bagian volume name berikan nama file remastering anda selanjutnya pilih klik make ISO dan pilih lokasi untuk menyimpan hasil remastering anda, beri nama file, lalu save. Tunggu sampai create image selesai.
  9. Setelah selesai terdapat notif image is successfully created. Lalu klik ok. Klik finish dan keluar dari RT Seven Lite.
  10. Proses remastering selesai.
  11. Jalankan windows 7 home hasil remastering dengan aplikasi Virtual Box.

Fitur-fitur yang dihilangkan Saat Remastering

Daftar fitur yang dihilangkan dan deskripsinya         :
1.      Accesories
a)     Games
Merupakan aksesoris pada windows yang berisi games bawaan dari microsoft. Kami menghilangkan fiur ini karena dirasa games microsoft kurang perlu digunakan dan memakan banyak ruang memori.
b)     Infrared File Transfer Application
Merupakan fitur yang digunakan oleh windows untuk melakukan transfer file antar 2 bual perangkat melalui inframerah. Kami menghilangkannya karena saat ini teknologi infrared sudah mulai ditinggalkan karena waktu transfer yang lambat.
c)     Paint
Paint merupakan salah satu program aplikasi menggambar sederhana yang sudah tersediakan oleh Windows XP atau windows 7. Karena sudah banyak aplikasi yang lebih mumpuni maka paint dirasa perlu dihilangkan.
d)    People Near Me
Fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbagi item seperti dokumen atau folder dengan perangkat lain pada jaringan komunikasi berlapis yang beroperasi pada tingkat protokol yang sama. Di era sekarang mungkin sudah tidak perlu lagi, karena banyak media sosial yang lebih mudah.

e)     Speech Support
Memungkinkan Latih keterampilan bicara untuk user dengan berbicara kepada audiens yang besar pada setiap tahap yang bisa dibayangkan, dari kenyamanan lingkungan user sendiri yang akrab. Belajarlah dari tubuh Anda sendiri (bahasa), gunakan suara dan ucapan. Menjadi pembicara tingkat berikutnya dengan VR Speech support. Jadi fitur ini tidak perlu/ jarang digunakan
f)       Windows Fax and Scanner
Windows Fax and Scan adalah aplikasi faks dan pemindaian terintegrasi yang disertakan dalam beberapa versi sistem operasi Windows Vista dan semua versi Windows 7 , Windows 8 dan Windows 10 . Windows XP menyertakan Fax Console sebagai gantinya. Jadi fitur ini tidak perlu digunakan
g)      Wordpad
WordPad adalah fitur pengolah kata dasar yang disediakan dengan hampir semua versi Microsoft Windows dari Windows 95 dan seterusnya. Terlihat lebih maju dari Notepad tapi lebih sederhana daripada Microsoft Works pengolah kata dan Microsoft Word diganti Microsoft Menulis. Jadi fitur ini tidak perlu/ jarang digunakan.
h)      Write
Memungkinkan  untuk menuliskan output, dengan posisi cursor – penunjuk aktif, terletak pada akhir output yang ditampilkan pada baris yang sama. Write tidak menambahkan CR setelah menampilkan data semua argument. Write menampilkan hasil tanpa ganti baris dan tampilan berikutnya akan disambung dalam baris yang sama. Jadi fitur ini tidak perlu/ jarang digunakan.
2.      Driver
a)      Modem
Merupakan fitur yang mengizinkan perangkat komputer berinteraksi dengan perangkat modem, dimana perangkat modem berfungsi untuk menamgkap sinyal internet. Kami menghilangkan fitur ini karena saat ini kebanyakan komputer lebih memilih menggunkan wifi untuk mengakses internet.


b)      Printer
Merupakan fitur driver yang mengizinkan perangkat komputer untuk berinteraksi dan terhubung dengan perangkat printer. Disini kami hanya menghilangkan dukungan terhadap beberapa jenis / merek printer yang jarang digunakan.
c)      Scanner
Merupakan fitur driver yang mengizinkan perangkat komputer untuk berinteraksi dan terhubung dengan perangkat scanner. Disini sama seperti printer kami hanya menghilangkan dukungan terhadap beberapa jenis scanner yang jarang digunakan.
d)     TV Tuner
Merupakan fitur driver yang mengizinkan perangkat komputer untuk berinteraksi dan terhubung dengan perangkat TV Tuner dimana TV Tuner disini berfungsi sebagai penangkap sinyal televisi. Jadi fitur ini tidak perlu/ jarang digunakan.
e)      Fax
Merupakan fitur driver yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer dengan perangkat Fax. Kami menghilangkan fitur ini karena teknologi fax saat ini sudah hampir ditinggalkan sehingga dukungan Fax pada komputer tidak diperlukan lagi.
f)       Floppy
Merupakan fitur driver yang mengizinkan perangkat komputer berinteraksi dan menggunakan teknologi penyimpanan berupa floppy disk. Kami menghilangkannya karena saat ini media penyimpanan floppy disk sudah ditinggalkan sehingga dukungan terhadap perangkat floppy disk tidak diperlukan.
g)      Smart Card
Kartu pintar (Inggris smart card) adalah sebuah kartu yang telah dipendam sirkuit terpadu. Meskipun banyak kegunaannnya, namun ada dua pembagian dasar dari kartu ini, yaitu kartu memori dan kartu dengan mikroprosesor.
3.      Language Pack
Merupakan suatu set file yang berisi bahasa-bahasa yang dapat diterapkan pada keseluruhan sistem operasi dan tampilan pada perangkat komputer. Kami menghilangkannya karena tidak terlalu penting untuk memiliki banyak dukungan bahasa, cukup 1 bahasa saja.
4.      Multimedia
a)      Sample Music
Merupakan file yang berisi file contoh musik yang disediakan oleh windows.
b)      Sample Picture
Merupakan file yang berisi file contoh gambar yang disediakan oleh windows.
5.      Service
a)      Fax
Merupakan fitur driver yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer dengan perangkat Fax. Kami menghilangkan fitur ini karena teknologi fax saat ini sudah hampir ditinggalkan sehingga dukungan Fax pada komputer tidak diperlukan lagi.
b)      Smart Card
Kartu pintar (Inggris smart card) adalah sebuah kartu yang telah dipendam sirkuit terpadu. Meskipun banyak kegunaannnya, namun ada dua pembagian dasar dari kartu ini, yaitu kartu memori dan kartu dengan mikroprosesor. Contoh kegunaan kartu ini yang paling banyak adalah untuk sistem pembayaran elektronik dan dalam kartu SIM.
c)      Smart Card Removal Policy
Layanan kebijakan penghapusan kartu pintar berlaku ketika pengguna telah masuk dengan kartu pintar dan kemudian menghapus kartu pintar itu dari pembaca. Tindakan yang dilakukan ketika kartu pintar dihapus dikontrol oleh pengaturan Kebijakan Grup. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Kebijakan Grup Smart Card dan Pengaturan Registri.
d)     Tablet PC Input Service
Memungkinkan fungsi pena-dan-tinta Tablet PC. Ini memungkinkan edisi Windows 7 apa pun diinstal pada PC Tablet. Ini juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan pena eksternal dan perangkat input sentuh.Jika komputer tidak memiliki fungsionalitas tablet atau pena eksternal dan perangkat input sentuh, Anda harus mempertimbangkan untuk menonaktifkan layanan ini.
e)      Windows Defender
sebelumnya dikenal sebagai Microsoft SpyWare, adalah perangkat lunak dari Microsoft untuk melindungi sistem operasi Microsoft Windows dari perangkat pengintai (spyware). Perangkat lunak ini adalah bagian dari Windows Vista dan Windows 7, serta dapat diunduh secara gratis untuk Windows XP dan Windows Server 2003. Pada Windows 8 dan Windows 10, perangkat lunak ini ditingkatkan menjadi program antivirus menggantikan Microsoft Security Essentials (antivirus dari Microsoft untuk pengguna Windows XP,Windows Vista,dan Windows 7,namun saat ini untuk pengguna Windows XP dan Windows Vista Microsoft Security Essentials sudah dihentikan dukungannya,Windows XP mendapatkan dukungan pembaharuan virus sampai 14 Juli 2015,dan Windows Vista sampai waktu terbatas yang tidak ditentukan).
f)       Windows Firewall
Windows Firewall adalah perangkat lunak personal firewall, termasuk dalam sistem operasi Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista. Windows Firewall adalah perangkat lunak personal firewall, termasuk dalam sistem operasi Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista.
g)      Windows Phone Dialer
Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft  dan merupakan pengganti platform Windows Mobile, meski tidak kompatibel lagi. Tidak seperti pendahulunya, Windows Phone ditujukan pada pasar konsumen alih alih perusahaan. Sistem operasi ini pertama diluncurkan bulan Oktober 2010 dan diluncurkan di Asia pada awal 2011.
6.      System
a)      Natural Language
Pemrosesan bahasa alami, disingkat PBA atau NLP (natural language processing), adalah cabang ilmu komputer dan linguistik yang mengkaji interaksi antara komputer dengan bahasa (alami) manusia. NLP sering dianggap sebagai cabang dari kecerdasan buatan dan bidang kajiannya bersinggungan dengan linguistik komputasional.  Kajian NLP antara lain mencakup segmentasi tuturan (speech segmentation), segmentasi teks (text segmentation), penandaan kelas kata (part-of-speech tagging), serta pengawataksaan makna (word sense disambiguation).  Meskipun kajiannya dapat mencakup teks dan tuturan, pemrosesan tuturan (speech processing) telah berkembang menjadi suatu bidang kajian terpisah.
b)      Narator
Narrator adalah pembaca layar di Microsoft Windows . Dikembangkan oleh Profesor Paul Blenkhorn pada tahun 2000, utilitas ini membuat sistem operasi Windows lebih mudah diakses oleh pengguna tuna netra. Panduan Pengguna Narrator memiliki informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan Narrator.
c)      Windows Help
Fitur layanan microsoft yang memungkinkan menjadi panduan bagi orang yang baru belajar komputer / windows.
d)     XPS Viewer
Windows XPS Viewer adalah program yang memungkinkan Anda melihat dan bekerja dengan format file XPS. XPS adalah singkatan dari Spesifikasi Kertas XML. Ini dapat digunakan dalam berbagai format dan dapat dengan mudah dibuat dari hampir semua program berbasis Windows.
7. Pada Menu Customization terdapat beberapa fitur
a)      Di fitur Screensaver meremove semua sisakan satu saja
b)      Difiture gadget meremove semuanya.


Dari beberapa layanan/fitur yang disediakan oleh windows 7 bertujuan untuk mempermudah user dalam menggunakannya sedangkan dengan remastering memungkinkan kita untuk menambah atau mengurangi paket aplikasi di sistem operasi yang ada dengan paket aplikasi yang baru. Disini saya menggunakan fungsi remastering untuk mengurangi aplikasi ataupun fitur-fitur dalam windows 7 sehingga ukuran windows 7 menjadi lebih ringan/ ukuran lebih kecil. Sehingga tidak terlalu memakan banyak memori.

Oke segini dulu blog saya. Terima kasih udah mampir. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendekatan Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi orang lain untuk memahami dan setuju dengan apa yang di butuhkan. Dengan kata l...