Selasa, 03 Desember 2019

Modul, buku ajar, handout, buku teks, job-sheet, dan buku referensi



      1.   a) Pengertian Modul
            Modul adalah satuan bahan ajar yang dapat dipelajari sendiri oleh siswa (self instructional).                Modul ditulis untuk satu satuan kompetensi mata pelajaran atau satu paket bahan ajar                          (learning materials).

            b) Pengertian Buku Ajar
            Buku Ajar adalah jenis buku yang diperuntukkan bagi siswa yang digunakan dalam kegiatan                belajar mengajar yang memuat bahan ajar sesuai kurikulum yang berlaku. Buku ajar                            merupakan bekal pengetahuan dasar dan digunakan sebagai sarana belajar serta digunakan                  untuk menyertai kuliah maupun belajar mandiri (Kurniawan, 2014 dan Suroso, 2004).
c) Pengertian Handout
Handout atau HO adalah bahan ajar yang ditulis dalam beberapa
lembar kertas. HO berisi informasi dan materi pelajaran yang diberikan
kepada mahasiswa ketika mengikuti kegiatan perkuliahan teori. HO
dapat berisi uraian materi satu kompetensi dasar, diagram/chart atau
petunjuk/informasi belajar yang diperlukan selama proses
pembelajaran teori.
d) Pengertian Buku Teks
Buku teks adalah sarana belajar yang digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran. (Buckingham, 1958 :1523). Buku teks adalah rekaman pikiran rasional yang disusun untuk maksud-maksud dan tujuan-tujuan intruksional (Hall_Quest, 1915). Buku teks adalah buku standar/buku setiap cabang khusus studi” dan dapat terdiri dari dua tipe yaitu buku pokok/utama dan suplemen/tambahan. (Lange, 1940). “Buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi”. (Bacon, 1935). “Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran” dalam pengertian modern dan yang umum dipahami. (Buckingham, 1958 : 1523). 
e) Pengertian JobSheet
Job sheet adalah bahan ajar yang ditulis lepas (tanpa dijilid) untuk
pembelajaran praktik di bengkel. Jobsheet hanya berisi satu kegiatan
praktikum. Koleksi Job sheet untuk kegiatan pembelajaran selama satu
semester dapat dijilid menjadi kumpulan job sheet. Kegiatan praktik
bengkel menggunakan banyak peralatan dan bahan yang beresiko,
oleh sebab itu dalam job sheet perlu ditambah petunjuk K3
(keselamatan dan kesehatan kerja). Langkah-langkah kegiatan
praktikum harus ditulis dengan jelas sehingga tidak menimbulkan
miskonsepsi yang akan berakibat pada kesalahan memilih,
menggunakan, merangkai alat/bahan dan akan berakibat fatal pada
kerusakan bahan/alat atau bahkan kecelakaan kerja.
f) Pengertian Buku Referensi 
Buku referensi adalah suatu tulisan ilmiah dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya fokus pada satu bidang ilmu. Buku tersebut membahas topik yang cukup luas (satu bidang ilmu). Urutan materi dan struktur buku teks disusun berdasarkan logika bidang ilmu (content oriented).

2.      a)   Fungsi Modul
·         Bahan Ajar Mandiri
·         Pengganti Fungsi Pendidik
·         Sebagai alat evaluasi
·         Sebagai Bahan Rujukan
b)     Fungsi Buku Ajar
·      Mencerminkan suatu sudut pandang yang tangguh dan modern mengenai pengajaran serta mendemontrasikan aplikasi dalam bahan pengajaran yang disajikan.
·      Menyajikan suatu sumber pokok masalah atau subject matter yang kaya, mudah dibaca dan bervariasi, yang sesuai dengan minat dan kebutuhan para siswa, sebagai dasar bagi program-program kegiatan yang disarankan di mana keterampilan-keterampilan ekspresional diperoleh pada kondisi yang menyerupai kehidupan yang sebenarnya.
·      Menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi dan bertahap mengenai keterampilan-keterampilan ekspresional.
·      Menyajikan (bersama-sama dengan buku manual yang mendampinginya) metode-metode dan sarana-sarana pengajaran untuk memotivasi siswa.
·      Menyajikan fiksasi awal yang perlu sekaligus juga sebagai penunjang bagi latihan dan tugas praktis.
·      Menyajikan bahan atau sarana evaluasi dan remedial yang serasi dan tepat guna.
c)      Fungsi Handout
·      Membantu peserta didik agar tidak perlu mencatat
·      Sebagai pendamping penjelasan pendidik
·      Sebagai bahan rujukan pesertadidik
·      Memotivasi peserta didik agar lebih giat belajar
·      Pengingat pokok-pokok materi yang diajarkan
·      Memberi umpan balik
·      Menilai hasil belajar
d)     Fungsi Buku Teks
·      Sebagai bahan referensi atau bahan rujukan oleh peserta didik
·      Sebagai bahan evaluasi
·      Sebagai alat bantu pendidik dalam melaksanakan kurikulum
·      Sebagai salah satu penentu metode atau teknik pengajaran yang akan digunakan pendidik
·      Sebagai sarana untuk peningkatan karir dan jabatan
e)      Fungsi Job-Sheet
·      Sebagai bahan ajar yang bisa meminimalkan peran pendidik, namun lebih mengaktifkan peserta didik.
·      Sebagai bahan ajar yang mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang diberikan serta kompetensi keterampilannya.
·      Sebagai bahan ajar yang ringkas dan mengandung unsur melatih keterampilan siswa.
·      Memudahkan pelaksanaan pengajaran praktik. 
f)       Fungsi Buku Referensi
·      Memperkuat Argumentasi atau Teori
·      Menghindari Plagiarisme.
·      Menghargai Karya Orang Lain
·      Memberikan Informasi Kepada Pembaca

3.      a)   Kekhasan Modul
Kekhasan modul dapat terlihat dari anatominya bahwa modul terdiri atas 2-4 kegiatan belajar/pembelajaran. Tiap kegiatan belajar/pembelajaran mengandung uraian deskripsi materi, latihan/tugas, petunjuk jawaban latihan rangkuman, tes formatif. Pada akhir setiap modul terdapat umpan balik, kunci jawaban tes formatif, glosarium (opsional), dan daftar pustaka.
b)     Kekhasan Buku Ajar
Menurut Wibowo (2012:24) menyebutkan, materi naskah buku ajar dewasa ini dapat berisikan hasil penelitian laboratorium, gagasan konseptual berkaitan dengan kritik atau perbaikan, serta kajian dan aplikasi suatu teori yang bertalian dengan ilmu pengetahuan yang diajarkan oleh dosen.
c)      Kekhasan Handout
Sadjati mengungkapkan bahwa ciri khas dari handout ini ada tiga macam, yaitu:
§  Merupakan jenis bahan ajar cetak yang dapat memberikan informasi pada siswa.
§  Pada umumnya, handout berhubungan dengan materi yang diajarkan pendidik.
§  Pada umumnya handout terdidri atas catatan (baik lengkap maupun kerangkanya saja), tabel, diagram, peta, dan materi-materi tambahan lainnya.
d)     Kekhasan Buku Teks
§  Diterbitkan dan Memiliki ISBN
§  Memiliki Misi Utama
§  Mengacu pada Program Depdiknas
§  Memiliki Berbagai Macam Keuntungan
e)      Kekhasan JobSheet
Anwar (2010), menyatakan bahwa karakteristik modul pembelajaran sebagai berikut :
§  Self instructional, Siswa mampu membelajarkan diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain. 
§  Self contained, Seluruh materi pembelajaran dari satu unit kompetensi yang dipelajari terdapat didalam satu modul utuh.
§  Stand alone, Modul yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan media lain.
§  Adaptif, Modul hendaknya memiliki daya adaptif yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi.
§  User friendly, Modul hendaknya juga memenuhi kaidah akrab bersahabat/akrab dengan pemakainya.
§  Konsistensi, Konsisten dalam penggunaan font, spasi, dan tata letak.
f)       Kekhasan Buku Referensi
Berikut karakteristik dan ciri buku referensi :
§  Menurut Sumber pembuatan buku : Buku referensi berasal dari Hasil Penelitian
§  Siapa yang menggunakan buku : Buku referensi digunakan oleh Dosen untuk mengajar dan meneliti
§  Khas content atau isi buku : Sesuai alur logika atau urutan keilmuanada peta keilmuanada contoh studi case serta ilustrasinya.
§  Bentuk gaya penyajian : Formal, mengatakan
§  Penerbitan atau publikasi : Diterbitkan dan memiliki ISBN (International Standart Books Number)
§  Isi / Subtansi Pembahasan : Hanya membahas satu bidang Ilmu saja
§  Untuk proses pembelajaran : Terbimbing
§  Ruang lingkup pengguna : Penelitian dan pengajaran
§  Citation atau sitasi : Buku referensi ini dapat dijadikan referensi, dapat dibuat citasi, dan dapat ditulis dalam daftar referensi ilmiah
§  Penulisan sesuai dengan kaidah atau format penulisan ilmiah
§  Tebal buku paling sedikit 40 lembar dan berukuran standar unesco ukuran min 15.5 cm x 23 cm
§  Diterbitkan oleh badan ilmiah atau organisasi ataupun perguruan tinggi
§  Buku tidak menyimpang dari Undang-undang dasar 1945 (UUD 1945) dan Pancasila


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendekatan Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi orang lain untuk memahami dan setuju dengan apa yang di butuhkan. Dengan kata l...